41 views

Hanan Sosialisasikan 4 Pilar MPR RI di SMAN 1 Banjar Agung

TULANGBAWANG – Anggota MPR RI Ir. Hanan A Rozak, MS Tekankan Pemahaman dan Pelaksanaan  Empat Pilar MPR RI Sebagai Pedoman Sikap Hidup  dan Perilaku Kepada Kaum Milenial Tulangbawang.
Hanan melaksanakan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di SMAN 1 Banjar Agung dan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Tulangbawang, Selasa (11/02/2020).
Sosialisasi Empat Pilar MPR RI oleh mantan bupati Tulangbawang ini menyasar kaum mileneal. Hal ini dilakukan karena Hanan menilai Generasi Muda atau Generasi Milenial merupakan generasi penerus bangsa yang bertanggungjawab atas keberlangsungan Bangsa  dan Negara  Republik Indonesia  sehingga perlu pedoman untuk menghadapi tantangan dan permasalahan bangsa dimasa yang akan datang.
“Generasi muda perlu mempelajari,  memahami dan mempedomani Empat Pilar MPR RI yaitu Pancasila, Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia, Konsep Negara Kesatuan Republik Indonesia dan menjaga merawat ke Bhinekaan sebagai bekal dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Hanan mengawali paparannya.
Kemudian Hanan menjelaskan, masing-masing pilar MPR RI dimulai dari sejarah berdirinya NKRI, perumusan dasar negara Pancasila dan pembentukan UUD NRI dan pentingnya menjaga dan merawat  Kebhinnekaan.
Hanan juga menyampaikan bahwa  setelah reformasi ada beberapa  perubahan  pasal  dalam Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia. Salah satunya, pasal tentang Presiden dan Wakilnya dipilih secara langsung oleh rakyat.
Menurutnya,  tantangan bagi rakyat Indonesia semakin besar dalam menjaga keutuhan NKRI, seperti adanya  upaya oknum maupun kelompok tertentu yang ingin merubah Pancasila sebagai dasar negara maupun gerakan separatisme yang ingin memisahkan diri dari Republik Indonesia.
“Dalam era globalisasi, dimana kemajuan teknologi mempermudah masyarakat memperoleh dan mengakses informasi dari luar.  Hal ini tentunya akan mempengaruhi kehidupan sosial budaya, ideologi, dan sikap masyarakat dalam berbangsa dan bernegara. Untuk itu Sosialisasi Empat Pilar MPR RI ini  sebagai salah satu bekal untuk menjaga keutuhan NKRI, menjaga Pancasila dan merawat Kebhinnekaan,” jelasnya.
Dalam dialog dengan siswa, mahasiswa dan para pengajar serta dosen yang hadir menyampaikan beberapa pertanyaan maupun masukan.
Diantaranya, Imanuela dan Ni Luh Pitasari, siswi SMAN 1 Banjar Agung yang  mempertanyakan soal ketidakadilan dan kesenjangan  di bidang sosial, ekonomi dan hukum yang terjadi di Masyarakat. Juga,
Jerry Buana,  Mahasiswa STAI Tulang Bawang  mengharapkan pasal  hukuman maksimal bagi koruptor  agar menekan kejahatan korupsi di Indonesia dimasukkan dalam UU.
Diakhir sosialisasi Hanan menekankan, agar para pelajar dan mahasiswa serta generasi muda  menghayati dan mempedomani Empat Pilar MPR RI  untuk menjaga Ideologi dan Dasar Negara  Pancasila dan Menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. (tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *