27 views

Tegaskan Sesuai Aturan

Ketua Komisi I DPRD Lampung Yozi Rizal menegaskan bahwa proses seleksi 15 calon anggota Komisi Informasi (KI) yang dilakukan telah sesuai aturan. Hal itu menyusul adanya kabar proses seleksi yang dilakukannya sarat nuansa politik dan titipan partai.
Anggota Fraksi Partai Demokrat itu memastikan tidak ada intervesi dari manapun selama melakukan Fit and Proper Test (FPT) ke 15 calon aggota KI Lampung. Bahkan, masih kata dia, hasilnya langsung diserahkan ke pimpinan DPRD Lampung sehari setelah FPT di Komisi I.
“Kalau ada yang tidak puas dengan hasilnya, silahkan gugat. Karena apa yang kami lakukan telah sesuai dan kami bukan alat pemuas,” tegas Yozi.
Terkait adanya titipan partai politik, dia membantah hal tersebut. Termasuk soal tidak adanya unsur wartawan dan perempuan, menurut Yozi, tidak ada aturan terkait perwakilan tersebut.
Dia menyatakan dari awal telah sepakat tidak ada dikotomi terkait dengan seleksi tersebut. Artinya semua calon berhak bersaing menjadi yang terbaik. “Coba tunjukkan mana aturannya? Dari awal kita sepakat tidak ada dikotomi,” tuturnya.
Dia menyebut Komisi I memberikan penilaian sesuai dengan kemampuan masing-masing calon. “Bagaimana mungkin kami mendongkrak (nilai) kalau calonnya tidak layak didongkrak,” tuturnya.
Disinggung terkait beredarnya lima nama calon komisioner KI Lampung di beberapa Whatsapp Group, Yozi membenarkan ihwal tersebut. “Nama itu benar, tapi saya tidak mau mendahului. Karena pengumuman dominan ketua (DPRD Lampung),” katanya.
Meski Yozi mengakui, namun ia tidak mau berkomentar panjang. Karena menurutnya sudah wewenang Pimpinan. “Itu surat dari Ketua (DPRD Lampung) sudah dikirim ke Gubernur. Tapi kalau mau lebih jelasnya coba konfirmasi lagi ke ketua DPRD Lampung saja,” tambah Yozi.

Untuk diketahui, lima nama calon komisioner KI Lampung sudah beredar sejak Minggu (26/1) malam. Mereka ialah Ahmad Alwi Siregar, Dery Hendryan, Erizal, Syamsurrizal dan Muhammad Fuad. (cah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *