26 views

Masyarakat Hebat Masyarakat Taat Perda, Hewan Peliharaan Jangan di Liarkan

Lampung Barat – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol pp) dan Aparat Kelurahan Pasar Liwa menertibkan Hewan Ternak berkaki empat/ Sapi di Fasilitas Umum Lapangan Merdeka Pasar Liwa Kecamatan Balik Bukit kabupaten Lampung Barat (Lambar) Rabu (08/01/2020)
Menurut Plt Kasat Pol PP Lambar, M Henry Faisal, menjelaskan penertiban ini dilakukan atas pengaduan beberapa warga yang merasa risih dan terganggu dengan adanya hewan ternak berupa hewan berkaki 4 / Sapi yang ditambat di lokasi Lapangan Merdeka tersebut.
“Satpol PP dan Aparat Kelurahan Pasar Liwa langsung turun ke lokasi untuk meninjau langsung keberadaan hewan ternak yang berada di lapangan merdeka Liwa,” ungkapnya
“Dari hasil peninjauan terdapat 4 Ekor Sapi yang berada di lapangan Merdeka dengan pemilik bapak Bahrun yang beralamat di Kelurahan Pasar Liwa Kecamatan Balik Bukit Lambar,” jelas henry.
Plt Kasat Pol PP Lambar, M Henry faisal, melanjutkan Pemilik hewan ternak sebelumnya telah diberikan peringatan untuk tidak lagi menambatkan hewannya di tempat Fasilitas umum, karena melanggar Perda No 2 Tahun 2012 tentang Pemeliharaan dan Penertiban Hewan Ternak pada pasal 14 diamanatkan bahwa setiap peternak dilarang membiarkan hewan ternaknya memasuki pekarangan rumah, kebun, dan ladang milik orang lain serta fasilitas umum dan kawasan-kawasan tertentu yang tidak diperuntukkan sebagai tempat penggembalaan.
“Ketentuan Pidananya
Setiap orang yang melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud dalam pasal 14 dipidana dengan pidana kurungan paling lama 14 hari atau pidana denda paling banyak Rp. 5.000.000.(lima juta rupiah),”paparnya.
“Perda ini dibuat bertujuan untuk :
1. Keamanan dan ketertiban umum akibat gangguan hewan ternak yang berkeliaran secara bebas.
2. Kepentingan pengawasan, kelestarian lingkungan, dan pencegahan penularan penyakit,”lanjut henry
Plt Kasat Pol PP Lambar, M Henry faisal, mengharapkan seluruh warga masyarakat kabupaten Lampung Barat untuk mengetahui dan melaksanakan Perda Hewan Ternak tersebut. (Anton)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *