21 views

Masyarakat Diminta Aktif dalam Uji Publik Calon PPK

Lampung Tengah – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung Tengah (Lamteng) meminta kepada masyarakat untuk berpartisipasi aktif pada tahap uji publik calon yang lolos panitia pemungutan kecamatan (PPK).
Pasalnya, lembaga penyelenggara pemilu itu mengakui ada keterbatasan untuk mengawasi proses rekrutmen anggota PPK agar sesuai aturan.
Ketua KPU Lamteng Irawan Indrajaya mengaku komisioner maupun para staf tetap memiliki keterbatasan informasi. Oleh sebab itu, setelah tahap pengumuman hasil seleksi administrasi, ada tahap tanggapan masyarakat yang memberi ruang bagi siapa pun menyampaikan informasi mengenai calon-calon anggota PPK.
Menurut Irawan, bisa saja terjadi masih ada calon yang terkait dengan parpol, walaupun hasil pengecekan KPU sejauh ini tidak ada. Hal lain bisa saja ada temuan calon yang ternyata sudah dua periode menjadi anggota PPK atau memiliki suami/istri yang juga penyelenggara pemilu dan berbagai kemungkinan lain.
“Kami terima kasih kalau ada informasi dan masukan dari masyarakat dan rekan-rekan jurnalis. Sepanjang pelapor memberi identitas yang jelas (bisa diklarifikasi) dan memiliki data atau informasi, akan kami tindak lanjuti,” katanya, Senin (27/1).
Ruang bagi laporan, tanggapan masyarakat atas calon-calon anggota PPK terbuka setelah pengumuman seleksi administrasi hingga pelaksanaan ujian tertulis. Selanjutnya, saat jeda setelah ujian tertulis sampai tes wawancara dan setelah tes wawancara hingga saat pelantikan.
“Kami ingin membangun demokrasi yang sehat. Kami buka kesempatan itu,” ujarnya.
Dia menambahkan berkat sosialisasi intensif di berbagai sosial media, seperti Instagram, Facebook, dan WhatsApp maupun ulasan berita para jurnalis, masyarakat Lamteng antusias mengikuti proses rekrutmen PPK. Ini terbukti dari pendaftar yang lebih dari 500 orang. Harapannya, partisipasi masyarakat pada tahap uji publik juga cukup besar sehingga calon-calon yang lolos benar-benar memenuhi syarat sesuai aturan.
Diketahui ada 511 calon anggota PPK yang mendaftar untuk mengisi 28 kecamatan se-Lamteng. Besok tahap akhir proses seleksi administrasi. (dbs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *