22 views

Lewat Sosper, Sahlan Syukur Mengedukasi Masyarakat Lamsel Tentang Bahaya Narkoba

Lampung Selatan – Anggota DPRD Lampung Sahlan Syukur menggelar Sosialisasi Perda nomor 1 tahun 2019 tentang Fasilitasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya di Kecamatan Tanjung Bintang, Lampung Selatan, Minggu (26/1) lalu.

Dihadapan 120an warga, Sekretaris Komisi II ini mengatakan, dengan digelarnya Sosper tersebut, seluruh elemen masyarakat dapat mengetahui langsung dampak dan bahaya narkoba bagi generasi bangsa.

“Kita menghadirkan Kapolsek Tanjung Bintang sebagai narasumber, serta ibu-ibu, pemuda, tokoh masyarakat, tokoh agama, Karang Taruna, Aparat Desa, agar dapat mengetahui secara langsung bahaya serta pencegahan narkoba di tengah masyarakat,” jelasnya.

Politikus PDI-P ini juga berujar, dalam Sosper tersebut, dirinya menyampaikan dengan bahasa yang mengedukasi dan mudah dimengerti masyarakat, mulai dari sisi pola pendidikan, sampai pergaulan. Hal itu untuk mencegah bagaimana para orang tua mendidik generasi muda untuk menjauhi narkoba itu sendiri.

“Bagaimana mereka tahu, mereka saja belum paham, ntah itu jenisnya, dampaknya hingga pencegahannya. Semua kita jelaskan secara gamblang,” ungkapnya.

Termasuk soal edukasi di media masa, maupun film. Dirinya menjelaskan,  dampak narkoba kerap diperlihatkan di layar kaca, dan ini menurutnya terkesan kurang mendidik. “Ada pendidikan yang otoriter, demokratis. Bagaimana cara mendidik anak, kita informasikan semua,” jelasnya.

“Kita bisa mulai dari awal bagaimana menjaga dan mengawasi anak kita. Artinya, kita harus cepat tanggap dalam melakukan pencegahan sejak dini,” timpalnya.

Sekali lagi, dirinya berharap agar kegiatan sosialisasi Perda tentang narkoba ini bisa sampai dan diaplikasikan oleh masyarakat, sehingga Lampung yang saat ini menempati peringkat ke-3 di Sumatera terkait penyalahgunaan Narkoba, dan peringkat ke-8 Nasional, dengan penyalahguna 128 ribu jiwa, bisa terminimalisir. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *