25 views

Ini Kata KPU Pesbar Terkait Adanya Dugaan 5 PPK Yang Masuk Parpol

Pesisir Barat-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) Menanggapi perihal laporan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) setempat beberapa hari yang lalu, bahwa ada 5 Calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang diduga namanya masuk daftar Partai Politik, bukan hanya itu, bahkan ada yang pengurus partai politik. Rabu, (29/01/2020)
Dari 263 orang calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di 11 Kecamatan se Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) dalam Pilkada serentak 2020, Bawaslu dan KPU pesibar menemukan 5 yang diduga masuk Parpol.
Koordinator Divisi Sosialisasi dan SDM KPU Pesibar, Zairi Mengatakan, KPU pesibar sudah menerima laporan terkait adanya parpol yang daftar sebagai PPK, lalu diduga lima calon anggota PPK terdeteksi masuk partai politik setempat, bahkan pengurus partai politik.
“Untuk saat ini Ada lima, kelima itu bukan hanya namanya terdaftar di parpol, tetapi ada juga yang pengurus partai, pradosasi dan ada juga yang tidak mencantumkan legalisir basah,” ungkapnya.
Bahkan Pihaknya akan merespon dengan positif terkait laporan yang sudah diterima, hasil dugaan itu akan di sinkronkan dengan Sistem informasi Politik (Sipol) KPU, bahkan kelima calon PPK akan terus mengikuti tahapan seleksi yang diberikan KPU.
“Dugaan ini akan kita sinkronkan dengan cara melakukan pengecekan ke sipol, kalau benar adanya ya mau tidak mau akan kami coret, tetapi untuk saat ini kelima ppk yang diduga masuk parpol akan terus mengikuti tahap seleksi selanjutnya,sampai tahap wawancara baru ketahuan,”Tegasnya.
Selanjutnya, terkait laporan Bawaslu setempat, KPU Pesisir Barat terus perupaya agar tidak ada pelanggaran dalam seleksi PPK saat ini.
“Demi terciptanya pilkada yang bersih, KPU pesibar akan terus memantau calon PPK yang sudah mendaftar apakah ada yang menyalahi aturan,”katanya lagi.
Zairi berharap, masyarakat harus berperan aktif dalam mengawal pilkada tahun ini, kalau ada indikasi dugaan seperti diatas harap melapor kepada kami (KPU).
“Kami berharap kepada masyarakat untuk mengawal agar tidak ada hal yang serupa terjadi, dengan cara melaporkan kepada kpu setempat dengan membawa bukti bukti yang lengkap agar kami bisa menindak lanjuti,” tambahnya.
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Barat membuka pendaftaran bagi calon PPK, pada tanggal 15-17 Januari 2020  kemarin, bagi calon yang memenuhi syarat dan lulus adminitrasi dan test Computer Assisted Test (CAT) akan dilantik pada 29 Februari mendatang.
Sedangkan, para peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi itu selanjutnya akan mengikuti tes tertulis pada Kamis (30/1) besok ini, dengan sistem CAT (computer assisted test) di gedung MAN 1 Pesisir Barat. Sementara itu, terkait dengan soal dalam tes tertulis tentunya tidak sama karena itu dengan sistem random atau sistem acak diseluruh Lampung.(Daniel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *