31 views

Evaluasi SAKIP, Pemkab Tuba Raih Predikat Nilai “CC”

// Winarti: Ini Jadi Evaluasi ke Depan Agar Lebih Baik Lagi //
PEMERINTAH Kabupaten Kabupaten Tulangbawang, Lampung, berhasil memperoleh penghargaan predikat “CC” atau “Cukup Baik” dalam Penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2019, dari Kementerian Pendayagunaan Negara Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB).
Penghargaan tersebut diserahkan oleh Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Aparatur PAN RB, DR. Ir. Setiawan Wangsaatmaja kepada Bupati Hj. Winarti S.E., M.H.
Hasil evaluasi itu diserahkan atas penerapan SAKIP pemerintah kabupaten/kota wilayah II tahun 2019. Meliputi Bali, DKI Jakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara, Kalimantan, dan Lampung di serahkan pada Anugerah Award di Badung Bali, kemarin.
Winarti mengatakan, peringkat nilai CC ini diperoleh karena peningkatan dan akuntabilitas pemerintah daerah yang meningkat. Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) telah direvisi, disesuaikan dengan kemampuan keuangan. Sehingga program yang termuat di RPJMD ini dapat diselesaikan secara bertahap.
“Pengkategorian ini dilakukan bukan sekadar untuk menilai instansi pemerintah. Namun juga memetakan tingkat implementasi manajemen kinerja masing-masing instansi pemerintah sehingga memudahkan proses perbaikan dalam implementasi SAKIP,” kata Winarti.
Sementara itu, lanjutnya, tujuan dari evaluasi ini adalah untuk menilai tingkat akuntabilitas atau pertanggungjawaban terhadap penggunaan anggaran dalam rangka terwujudnya pemerintahan yang berorientasi kepada hasil serta memberikan saran perbaikan yang diperlukan.
“Kita baru saja menerima hasil Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan ini menjadi evaluasi kita kedepan agar lebih baik lagi,” tukasnya.
Penyerahan “rapor” Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tersebut sekaligus rekomendasi perbaikan. Sebanyak 161 pemerintah kabupaten atau kota dan provinsi di wilayah II menerima hasil evaluasi dan rekomendasi perbaikan. (dbs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *