24 views

Wagub Nunik Pastikan UKS Jadi Fokus Perhatian Pemprov Lampung Penuhi Hak Kesehatan Anak

BANDAR LAMPUNG — Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim (Nunik) memastikan Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M) menjadi bagian dari prioritas dan perhatian Pemerintah Provinsi Lampung dalam memenuhi hak kesehatan anak di sekolah.

Hal tersebut disampaikan Wagub Nunik saat membuka Rapat Koordinasi Tim Pembina (TP) UKS/M Kabupaten/Kota se- Provinsi Lampung Tahun 2019 di Hotel Arinas Bandar Lampung, Kamis (12/12/2019).
Kegiatan ini sendiri berlangsung pada tanggal 12-13 Desember 2019.

“Kegiatan-kegiatan UKS/M ini akan kita support maksimal agar bisa berjalan dengan baik, Insya Allah saya akan mengawal, termasuk saya ingin UKS/M ini bisa maju, kegiatannya variatif dan mewadahi kreatifitas anak-anak kita,” ujar Wagub Nunik.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Nunik yang juga selaku Ketua TP UKS/M Provinsi Lampung mengatakan dibutuhkan dukungan dari semua pihak agar komitmen tersebut tercapai.

“Butuh komitmen bersama, tidak cukup hanya satu pihak, jangan pernah lelah memberikan yang terbaik untuk anak-anak kita,” katanya.

Menurut Nunik, UKS/M ini juga sebagai penunjang dalam mewujudkan penyelenggaraan pendidikan untuk generasi penerus bangsa yang unggul dan berkualitas.

Hal ini sebagaimana visi dari UKS/M di Provinsi Lampung yakni mewujudkan Anak Didik Sehat, Cerdas, Berkualitas, Berahlak Mulia dan Berkarakter.

“Bagaimana pelaksanaan proses pendidikan ini bisa berjalan baik kalau di sekolah kesehatannya tidak terjamin. Untuk itu ini sangat penting karena dalam proses anak-anak di usia sekolah atau usia pertumbuhan harus dipastikan dalam kondisi sehat dan UKS/M sebagai pendukung untuk memastikan hal itu,” ujarnya.

Selain itu, Nunik juga menyoroti pentingnya memastikan secara langsung jajanan pangan anak sekolah yang harus terjamin kesehatannya.

“Karena salah satu yang membuat anak kita terpapar beberapa jenis penyakit itu sumbernya dari pangan, maka seluruh bagian dari lingkungan sekolah adalah pihak-pihak yang memastikan anak kita sehat termasuk UKS tentunya,” katanya.

Sementara itu, Kepala Biro Kesejahteraan Sosial Provinsi Lampung Ratna Dewi mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menentukan kebijakan pelaksanaan UKS/M di Provinsi Lampung dalam rangka memberikan landasan dan pedoman pembinaan pengembangan secara terpadu, merata, menyeluruh, berdaya guna dan berhasil guna.

“Kegiatan ini demi terkoordinasinya pembinaan dan pengembangan UKS/M di Kabupaten Kota se- Provinsi Lampung menuju Lampung Berjaya,” ujar Ratna.

Kegiatan ini diikuti oleh 50 peserta terdiri dari 45 orang TP UKS/M Kabupaten/Kota dan 5 orang TP UKS/M Provinsi Lampung yang terdiri dari unsur Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kesehatan, Kementerian Agama, Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung dan Biro Kesejahteraan Sosial. (Rls)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *