39 views

Ferynia Hadiri Bulan Membaca Tahun 2019 di Lamsel

LAMPUNG SELATAN — Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung Ir. Ferynia menghadiri Peringatan Bulan Membaca Tahun 2019 di Kabupaten Lampung Selatan, Kamis (12/12).

Acara yang dipusatkan di lokasi pelataran Masjid Agung Kalianda itu mengangkat tema “Kita Tingkatkan Semangat dan Minat Membaca Masyarakat, Khususnya Bagi Para Pelajar Dan Generasi Muda”.

Dalam sambutannya Ferynia menjelaskan, bahwa kebiasaan gemar membaca hendaknya dilakukan sejak dini dari lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.
Namun sayangnya upaya menumbuhkembangkan minat, gemar dan budaya baca hingga saat ini masih mengalami hambatan dan kendala. Yang palingn utama adalah masalah ketersediaan bahan bacaan dan belum meratanya ketersediaan bahan bacaan pada masyarakat Lampung”. ujar Ferynia.

Lebih lanjut dikatakannya, bahwa untuk menjawab permasalahan tersebut diperlukan keterlibatan multi pihak dalam mengupayakan tumbuh kembangnya minat, gemar dan budaya baca masyarakat yang dimulai dari lingkungan keluarga, satuan pendidikan dan masyarakat.

“Saya berharap peringatan bulan membaca tahun 2019 ini akan menjadi gerakan pembudayaan kegemaran membaca di daerah, dan menumbuhkembangkan inisiatif daerah. Kemudian membangkitkan semangat dan kemauan masyarakat, khususnya bagi pelajar dan generasi muda untuk selalu membaca serta menjadikan membaca sebagai budaya pada masyarakat Lampung,” jelas Ferynia.

Sementara Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lampung Selatan Qorinilwan menjelaskan, berbagai lomba yang dilaksanakan yakni tingkat SD lomba mengarang cerita bertema pahlawan masa kini. Tingkat SLTP lomba membaca puisi dan untuk tingkat SLTA kita laksanakan lomba musikalisasi puisi dan cerpen.

“Kalau untuk peserta, kita mengundang seluruh sekolah dari tingkat SD-SLTA/sederajat, dengan undangan 1.500 pelajar,” jelasnya. (Rls)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *