30 views

Disperpusarsip Komit Tingkatkan Budaya Literasi dan Gemar Baca

BANDARLAMPUNG — Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung terus melakukan upaya untuk meningkatkan budaya literasi dan gemar membaca masyarakat Lampung. Tidak hanya itu, saat ini Dinas Perpustakaan dan Kearsipan juga melakukan transformasi birokasi dalam bidang kearsipan melalui penyelenggaraan “Tertib Arsip Cermin Budaya Bangsa.”

Demikian diungkapkan Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Syaiful Dermawan saat menjadi Pembina Upacara Mingguan, Senin (23/12) di Lapangan Korpri Kantor Gubernur.

Ia melanjutkan jika tertib arsip memiliki makna penting khususnya dalam memberikan informasi kepada generasi penerus bangsa “sehingga arsip dapat dijadikan referensi bagi setiap generasi selanjutnya,” ujar Syaiful.

Dalam menghadapi Revolusi Industry 4.0, Syaiful mengatakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung dihimbau untuk dapat memanfaatkan perkembangan teknologi dalam pengelolaan arsip, contohnya teknologi komputasi awan (e-cloud computing) sebagai tenologi digital library.

Teknologi komputasi awan memungkinkan penghematan ruang penyimpanan arisp/dokumen yang sangat signifikan, karena ribuan ton arsip dapat disimpan dan diakses dengan cepat dan efisien, kapanpun dan dimanapun, ungkapnya.

“Oleh karena itu, saya menghimbau setiap OPD untuk menyiapkan tenaga pengelola arsip dan tenaga fungsional arsiparis yang mampu memanfaatkan Revolusi Industry 4.0 khususnya teknologi awan, sehingga bisa menata, memelihara serta memillah mana yang dapat dijadikan arsip statis atau mana yang harus dimusnahkan, dan dapat menggunakan data arsip tersebut sebagai bahan analisa kebijakan dimasa mendatang.” Dalam upacara Bendera yang menjadi Perwira Upacara adalah Kabid Pengembangan Sumberdaya Perpustakaan Heriyansyah, Komandan Upacara Tyas Saputra Larate, Pengucap UUD 1945 Fahrudin, Pembaca Panca Prasetya Korpri Wuryanto, Pengibar Bendera Refi, Panca Putriyani dan Lidya Napitupulu, serta pembaca doa Syamsul Hilal. (Rls)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *