32 views

Pemkab Pesawaran Gelar Workshop Hasil Evaluasi Implementasi Siskeudes

Pesawaran – Pemerintah Kabupaten Pesawaran melaksanakan Workshop Hasil Evaluasi Implementasi Siskeudes dalam Tata Kelola Keuangan Desa di Aula Pemkab Pesawaran, Rabu (20/11).

Wakil Bupati Pesawaran Eriawan, dalam sambutannya mengatakan Pemerintah Kabupaten Pesawaran menyambut baik dan berterima kasih atas kepercayaan dari BPKP Perwakilan Lampung yang telah menunjuk Kabupaten Pesawaran melaksanakan kegiatan ini.

Wakil Bupati mengatakan sebelum adanya aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) Pengelolaan Keuangan Desa di Kabupaten Pesawaran, dalam perencanaan, penganggaran, penatausahaan dan pelaporannya dilakukan secara manual.

Efeknya menimbulkan banyak kendala, seperti terlambatnya Pemerintah Desa dalam menyusun Peraturan Desa tentang APBDes dan mengumpulkan Laporan Realisasi APBDes.

Akibatnya, kata dia, Pemerintah Kabupaten Pesawaran kesulitan merekapitulasi Laporan Realisasi APBDes se-Kabupaten Pesawaran secara tepat waktu. Lalu pada 2017, Aplikasi Siskeudes sudah mulai diterapkan oleh sebagian desa, namun masih belum sempurna karena masing-masing desa tersebut menjadi admin, sehingga desa bisa menambahkan sendiri kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan.

Baru pada 2018 sampai saat ini, lanjut Wakil Bupati, adanya Siskeudes ternyata sangat memudahkan desa dan Pemerintah Kabupaten Pesawaran dalam hal tata kelola keuangan desa.

Salah satunya adalah desa dapat menyusun Laporan Realisasi APBDes dengan tepat waktu dan Pemerintah Kabupaten Pesawaran melalui Dinas PMD dapat dengan mudah membuat Rekapitulasi Kompilasi Laporan Realisasi APBDes untuk seluruh Desa.

“Oleh karena itu, kami mendorong seluruh desa untuk menggunakan Aplikasi Siskeudes dengan Dinas PMD sebagai admin. Saat ini kami masih menerapkan Aplikasi Siskeudes secara offline, dengan metode export/importdata. Di masa depan, kami akan terus bergerak maju sehingga bisa menerapkan Aplikasi SISKEUDES secara online,” ujar Eriawan.

“Dengan adanya Aplikasi Siskeudes ini diharapkan Kepala Desa dapat melaksanakan pengelolaan keuangan desa dengan baik, sesuai asas transparan, akuntabel, partisipatif, tertib dan disiplin anggaran,” tegas Wakil Bupati.

Lebih lanjut dia menyampaikan untuk mewujudkan hal tersebut, Pemerintah Desa jangan ragu berkonsultasi kepada Camat dan Dinas PMD selaku leading sector-nya. Selain itu, diperlukan juga operator Siskeudes yang enerjik, memahami komputer dengan baik serta penuh rasa tanggung jawab dalam melaksanakan tugasnya.

“Semoga momentum yang kita laksanakan hari ini akan benar-benar membawa perbaikan dan kebaikan bagi seluruh desa di Kabupaten Pesawaran tercinta ini,” katanya.

Narasumber dalam kegiatan ini yaitu: Ketua Komite IV DPD RI Elviana, Anggota Komite IV DPD RI Dapil Lampung KH. Ir. Abdul Hakim, M.M., Direktur Pengawasan Program Lintas Sektoral Pembangunan Daerah (BPKP) Adi Gemawan, Panti 1 Subdit 3 Tipikor Ditreskrimsus Polda Lampung Ipda Tedi Firdianto, S.H., M.H.

Hadir dalam kegiatan ini Sekretaris Daerah Kabupaten Pesawaran, BPKP Perwakilan.(Klis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *