29 views

KPU Bandarlampung Segera Bentuk PPK dan PPS

Bandarlampung – Menghadapi Pilkada 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bandar Lampung segera membentuk panitia pemilihan kecamatan (PPK) untuk persiapan pemilihan Wali Kota (Pilwakot).

Selain PPK, KPU Bandar Lampung juga akan membentuk tim ad hoc lainnya, yakni Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk di tingkat kelurahan.

Pembentukan tim ad hoc ini akan dibagi menjadi dua tahapan yang dimulai awal tahun depan. PPK untuk 20 Kecamatan se Kota Bandar Lampung dibentuk bulan Januari, selanjutnya pembentukan PPS bulan Februari.

Sementara tim ad hoc lainnya, Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk melaksanakan pemungutan suara di tempat pemungutan suara (TPS) akan dibentuk oleh PPS pada bulan Juni.

Ketua KPU Bandar Lampung Dedy Triadi mengatakan, pembentukan badan penyelenggara tersebut diatur dalam Pasal 51 hingga Pasal 72 UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

“Pembentukan tim ad hoc kita mulai pada awal tahun depan, Januari. PPK kita mulai Januari, PPS di Februari kemudian nanti baru lanjut KPPS pada bulan Juni,” kata dia, Selasa (26/11).

Untuk diketahui, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) merupakan panitia yang dibentuk oleh KPU Kabupaten/Kota untuk melaksanakan Pemilu di tingkat kecamatan atau nama lain.

Kemudian, Panitia Pemungutan Suara (PPS) juga dibentuk oleh KPU Kabupaten/Kota untuk melaksanakan Pemilu di tingkat kelurahan/desa atau nama lain.

Sementara, Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) adalah kelompok yang dibentuk oleh PPS untuk melaksanakan pemungutan suara di tempat pemungutan suara.

Tugas, Wewenang dan Kewajiban PPK, PPS dan KPPS diatur dalam Undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *