44 views

Abdul Hakim Dorong UMKM Tumbuh dan Berkembang

Bandarlampung – Anggota DPD RI Dapil Lampung, Abdul Hakim mengunjungi UMKM di Desa Sinar Betung, Talang Padang Tanggamus, Kamis (21/11/2019).

Manda, pengusaha kerupuk dengan nama usaha Mitra Sejahtera merasa senang di kunjungi senator Lampung Abdul Hakim.

“Saya seperti mimpi ustadz, tadi pagi dapat kabar ustadz mau hadir ke tempat usaha kami” ujar pria yang memiliki 16 orang yang membantu usahanya.

“Ibu-ibu ini tetangga saya sendiri, daripada mereka menganggur, saya berdayakan mereka untuk memproduksi kerupuk.”

Manda menjelaskan pihaknya sedang mengurus izin agar produk kerupuknya bisa semakin luas beredar.

Abdul Hakim dalam kesempatan ini memotivasi peserta yang hadir.

” Ibu-ibu ini banyak pahalanya, karena selain ibu-ibu bekerja bukan hanya untuk mendapatkan tambahan penghasilan, tapi ibu-ibu menyenangkan orang banyak ketika makan kerupuk, banyak orang makan kalau tanpa kerupuk rasanya ada yang kurang.”

Sehari sebelumnya, Abdul Hakim juga mengunjungi tempat produksi kopi klangenan di Pringsewu.

H. Riyanto pemilik klangenan juga menyampaikan harapan kepada Abdul Hakim.

” Tolong izin sertifikasi halal dipermudah, kasihan para pelaku UMKM yang terkadang akhirnya enggan untuk mengurus sertifikasi.”

“Alhamdulilah kalau kopi klangenan sudah mengurus sertifikasi, bahkan dalam waktu dekat kopi klangenan akan menasional” ujar pria yang ramah ini.

Abdul Hakim berkomitmen untuk mendorong UMKM untuk tumbuh dan berkembang.

“Saya di komite IV DPD RI yang salah satu lingkup tugasnya terkait koperasi dan UMKM, pelaku UMKM ini kan membantu pemerintah dalam mengurangi angka kemiskinan.” ujar senator Lampung tersebut.

Abdul Hakim juga menjelaskan terkait perjuangannya yang tercantum dalam 22 program, diantaranya program nomer 4 yaitu meningkatkan indeks pendapatan rata-rata warga lampung 22%

Hal ini didasarkan Survey Badan Pusat Statistik (BPS) Lampung, angka kemiskinan Lampung per Maret 2018 adalah 13,14% atau 1.097.050 jiwa. Angka kemiskinan di Provinsi Lampung jumlahnya masih lebih tinggi dibandingkan angka nasional yakni 9,66%.

Maka Abdul Hakim berupaya untuk
Memperjuangkan program pembinaan dan pemberdayaan masyarakat di pedesaan dan perkotaan untuk mendorong kemandirian ekonomi, hingga memiliki kemampuan pendaatan rata-rata hingga mencapai Rp 1.222.888 per kapita per bulan.

Memfasilitasi program untuk peningkatan laju pertumbuhan ekonomi melalui sektor pertanian, perkebunan, peternakan, pariwisata dan sesuai dengan kondisi local wisdom.

Mengadakan program pelatihan untuk warga dalam rangka meningkatkan indeks sumber daya manusia.

Memperjuangkan adanya program pembinaan kewirausahaan untuk kelompok masyarakat miskin untuk mendorong kemandirian ekonomi.

Memfasilitasi masuknya organisasi filantropi maupun CSR perusahaan untuk ikut memberikan dana bantuan dalam rangka pemberdayaan ekonomi. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *